243 Perguruan Tinggi Swasta ( PTS ) Dinonaktifkan Hingga Akhir Tahun


Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir menargetkan sebanyak 243 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) akan dinonaktifkan hingga akhir tahun.
"Ada 243 PTS yang dinonaktifkan, saat ini baru 119 perguruan tinggi yang masih berstatus nonaktif, sedangkan sisanya akan terselesaikan pada akhir Desember 2015," katanya seusai menghadiri seminar 'Memperkuat Sinergi dan Integritasi Pencapaian Excelent University Untuk Keunggulan Bangsa' di Unair Surabaya, Sabtu (28/11).
Ia mengatakan, perguruan tinggi yang dinonaktifkan saat ini sedang mengalami masalah, pertama rasio dosen dan mahasiswa, kedua konflik antara yayasan dengan rektor, atau proses pembelajaran yang tidak sesuai. "Perguruan tinggi yang telah nonaktif itu akan dikelompokkan sesuai dengan masalahnya, kemudian akan dibina, sedangkan masalah rasio dosen dan mahasiswa sudah tertera dalam peraturan menteri," kata dia.
Menurut dia, rasio ideal dosen dan mahasiswa untuk perguruan tinggi jurusan eksak 1:20 dan sosial 1:30, sedangkan swasta untuk eksak 1:30 dan sosial 1:45, namun yang terjadi ada 1:100, 1:200 bahkan yang paling tinggi 1:750. "Peraturan masalah rasio dosen dan mahasiswa ditandai dari dikeluarkannya Nomor induk dosen khusus (NIDK), karena selama ini penghitungan rasio dosen dan mahasiswa basisnya dosen yang memiliki nomor induk dosen nasional (NIDN)," katanya.
Lebih lanjut dia mengungkapkan, perguruan tinggi yang dinonaktifkan paling banyak ditemukan di wilayah DKI Jakarta, Jatim, Jabar dan Sumatra utara. Sekadar diketahui, saat ini PTS yang berstatus nonaktif lima diantaranya berasal dari Surabaya, yaitu sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yapan, STIE Artha Bodhi Iswara (ABI), STIE Pemuda, Univesrsitas Teknologi Surabaya (UTS) dan Institut Teknologi Pembangunan Surabaya (ITPS).

Sumber : REPUBLIKA.CO.ID

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "243 Perguruan Tinggi Swasta ( PTS ) Dinonaktifkan Hingga Akhir Tahun"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus. Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->