Mendikbud : Guru dan Kepala Sekolah Jangan Bilang Anak Bodoh

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan meminta agar guru dan kepala sekolah tidak mengatakan anak bodoh, jika ada anak yang tidak pandai atau tidak memiliki kemampuan lebih pada pelajaran sains. Sebab anak yang tidak memiliki bakat dan potensi bidang sains tentu memiliki bakat di bidang lain, seperti sastra dan seni. Karena itu, bakat tadi harus dikembangkan.
“ Saya sudah sampaikan kepada para guru dan kepala sekolah untuk tidak mengatakan anak bodoh, jika dia tidak memiliki potensi dibidang sains. Sebab, dia tentu memiliki potensi di bidang lain,” kata Anies pada acara penganugerahan Juara Lomba Akademi Remaja Kreatif Indonesia (AKRI), di gedung Kemdikbud, Jumat, (11/12).
Dia mengaskan, guru dan kepala sekolah harus mendorong jika anak memiliki bakat tersebut, untuk terus memperbanyak tulisan. Sebab, akan membuat ikatan bangsa kita semakin lebih baik dan menambah stok penulis dan sastrawan Indonesia.
“Kita memiliki anak-anak berprestasi di bidang seni dan sastra. Jika mereka terus menulis, maka saya yakin kita tidak akan kekurangan sastrawan.,” tutur dia.
Pendiri gerakan Indonesia Mengajar ini menuturkan, jika anak terus menghasilkan karya sastra terbaik tentu dapat meningkatkan ikatan cinta Tanah Air. Ketika anak dapat mencipta, tentu ia telah melewati tahap mensintensis dan menelaah bacaan sehingga tumbuh jiwa menghargai.
“Sudah bisa mencipta pasti membaca dan saya melihat level partisipasi anak-anak merupakan suatu yang membanggakan bagi Indonesia. Adalah tugas pemerintah untuk menfasilitasi,” kata alumnus Univeristas Gadjah Mada ini.

Ke depannya Anies berharap Kemdikbud dapat meningkatkan kemampuan siswa agar berkembang lebih baik. Para siswa pun harus terus mengasah kemampuan dengan mengirim tulisan ke surat kabar karena media memiliki ruang untuk tetap berkembang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mendikbud : Guru dan Kepala Sekolah Jangan Bilang Anak Bodoh"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus. Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->