Menteri Anies Wajibkan Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran



Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan akan mewajibkan siswa untuk membaca buku selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Kebijakan ini sudah diwacanakan untuk dimasukan ke dalam kurikulum pendidikan dasar.

"Kita prihatin minat baca itu rendah. Kalau di Yogya, ekosistem pendidikannya sudah jadi, tapi di tempat lain belum. Karena itu saya mengusulkan agar guru dan siswa nanti membaca buku selama lima belas menit," katanya saat mendatangi Universitas Janabadra Yogyakarta, Kamis (3/12).

Meski demikian, Anies tidak akan menentukan buku apa yang harus dibaca. Nantinya itu menjadi kewenangan guru untuk menentukan bahan bacaannya.

"Saya memberikan ruang guru untuk melakukan terobosan, mau buku apa nanti biar guru yang menentukan," tambahnya.

Tidak hanya itu, Anies juga akan mewajibkan para siswa dan guru untuk olahraga minimal seminggu sekali. Lagi-lagi Anies pun membebaskan olahraga apa yang akan dimainkan.

"Kalau dulu ada SKJ, semua sama. Tapi saya bebaskan mau olahraganya apa," ujarnya.

Semua itu dilakukan untuk membiasakan karakter peserta didik. Sebab diakuinya untuk membentuk karakter yang baik perlu ada pembiasaan yang lama kelamaan akan menjadi budaya.

"Sekolah punya ruang interaksi reguler, ini yang kita manfaatkan supaya ada pembiasaan. Kita ini sekarang sedang menggarap karakter, karena itu ini harus dijadikan budaya," tandasnya.

0 komentar