8 Pertanyaan Serta Jawaban Yang Sering Muncul Seputar Aplikasi Dapodik Versi 2016b

8 Pertanyaan Serta Jawaban Yang Sering Muncul Seputar Aplikasi Dapodik Versi2016b

Selamat Datang Di Blog Info Pendidikan --- 8 Pertanyaan Serta Jawaban Yang Sering Muncul Seputar Aplikasi Dapodik Versi 2016b bermanfaat bagi bapak/ ibu sebagai operator untuk membantu bapak/ ibu OPS dalam pengerjaan DAPODIK Versi 2016b.

1.   Tanya : Saat melakukan sinkronisasi aplikasi dapodik 2016b, kenapa selalu muncul pesan “koneksi internet lambat” padahal koneksi internet yang digunakan sekolah sudah cukup memadai ?

Jawab : Tahap pertama lakukan pergantian koneksi internet misal dari Provider A ke Provider B, jika tahapan ini sudah dilakukan masih belum bisa juga. Maka coba tambahkan Add On pada Web browser anda security kiss atau Add On yang sejenis.

2.   Tanya : setelah melakukan pembaharuan aplikasi melalui file updater Dapodik 2016b kok program PMP versi 1.3 tidak bisa di jalankan, apa yang harus dilakukan ?

Jawab : Untuk kasus program PMP versi 1.3  error atau tidak bisa login silahkan unduh dapodikdasmen.data.kemdikbud.go.id/Patch_Dapodik_2016.b_14092016.exe
setelah dilakukan download, lalu lakukan proses instalasi dan timpa saja aplikasi yang sudah ada menggunakan updater/patch sebelumnya. Setelah itu refresh dengan tombol F5 aplikasi PMP versi 1.3

3.    Tanya : bagaimana cara entri data pembelajaran Lintas minat pada SMA kurikulum 2013 dan team teaching pada Matpel Produktif di SMK ?

Jawab : untuk lintas minat dan team teaching silakan tata cara entrinya menunggu informasi resmi dilaman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

4.      Tanya : Mengapa pada validasi pembelajaran SMA K13 pada kelas 10 hanya ada 38 jam ?

Jawab : validasi itu menjadi bagian informasi pada entri pembelajaran yang memberikan batasan maksimal pada kurikulum 2013  dan di dalam validasi itu belum menghitung lintas minat

5.  Tanya : pada validasi kepala bengkel dan Kepala Program Keahlian tidak sesuai dengan ketentuan, apa yg harus kami lakukan ?

Jawab : silakan di tunggu perubahan validasinya pada aplikasi Dapodik 2016 versi         
       selanjutnya

6.   Tanya : Bagaimana prosedur entri data pada Sekolah baru berdiri, mengingat sudah dilakukan proses entri data mulai tab Sekolah, Tab Sarpras dan Tab Peserta Didik, namun saat mau melakukan proses validasi masih ada PTK yang belum terisi, mengingat sekolah sudah tidak bisa melakukan tambah data PTK di Aplikasi menyebabkan tidak bisa melakukan sinkronisasi ?

Jawab : Khusus untuk sekolah baru, sebelum melakukan entri data di aplikasi dapodik 2016, pastikan data PTK sudah  dilakukan entri PTK oleh Dinas Pendidikan kabupaten/ Kota, sehingga setelah proses itu dilalui, baru operator sekolah bisa melakukan registrasi aplikasi

7.   Tanya : Sekolah SPK SMA pada saat menggunakan aplikasi Dapodik 2016A terdeteksi saat melakukan sinkronisasi “Kode registrasi tidak ditemukan”, apa yang harus dilakukan ?.

Jawab : Download Patch/updater Aplikasi Dapodik 2016b. setelah itu lakukan install aplikasi dan refresh. Lakukan validasi dan sinkronisasi.

8.     Tanya : Sekolah SMK K13 Mulai tahun 2016 pada saat masuk ke pembelajaran di kelas X menjadi kosong ?

Jawab : Pastikan pemilihan Kurikulum untuk kelas 10 adalah SMK K13 Program keahlian bukan Paket Keahlian

Demikian informasi yang dapat admin Info Pendidikan berikan yang telah dikemas dalam 8 pertanyaan serta jawabannya. ******* -------   ( Aye Leymakali  )


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Pertanyaan Serta Jawaban Yang Sering Muncul Seputar Aplikasi Dapodik Versi 2016b"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus. Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->