Raden Dewi Sartika Tokoh Nasional Yang Fokus Kepada Pendidikan

http://ayeleymakali.blogspot.co.id/2016/12/raden-dewi-sartika-tokoh-nasional-yang.html
Raden Dewi Sartika 
Raden Dewi Sartika merupakan salah satu tokoh nasional yang fokus kepada pendidikan, terutama di kalangan perempuan. Beliau adalah sosok di balik berdirinya Sakola Raden Dewi dan mengangkat martabat perempuan menjadi lebih berpendidikan.

Raden Dewi Sartika lahir pada 4 Desember 1884 di Cicalengka, Jawa Barat. Beliau merupakan putri dari seorang Patih Bandung, Raden Somanegara dan Nyi Raden Rajapermas. Semasa hidupnya, Dewi Sartika hanya menempuh pendidikan hingga jenjang sekolah dasar. Sejak kecil, Dewi Sartika gemar membaca dan menulis dan mengajarkannya kepada anak-anak pembantu di kepatihan.

Pada tahun 1902, Dewi Sartika mewujudkan cita-citanya dengan mendiirkan sekolah keterampilan merenda, memasak, jahit-menjahit, membaca, dan menulis. Atas dasar dorongan dari Bupati RA Martenagara, sekolah pertama ini menjadi dasar berdirinya sekolah perempuan yaitu Sakola Istri pertama se-Hindia Belanda pada 16 Januari 1904. Melalui sekolah ini, Dewi Sartika berhasil mencetak perempuan yang memiliki pendidikan dan keahlian setara dengan laki-laki pada masa itu. Pada tahun 1914, Sakola Istri berganti nama menjadi Sekolah Keutamaan Perempuan (Sakolah Kautamaan Istri).

Raden Dewi Sartika menikah dengan Raden Kanduruan Agah Suriawinata pada tahun 1906. Dengan dasar visi dan misi yang sama antara Dewi Sartika dan suami, sekolah yang didirikan oleh Dewi Sartika semakin berkembang dan pada tahun 1929, Sekolah Keutamaan Perempuan merubah namanya menjadi Sakolah Raden Dewi. Setelah Agresi Militer Belanda, Raden Dewi Sartika wafat pada tahun 1947.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Raden Dewi Sartika Tokoh Nasional Yang Fokus Kepada Pendidikan"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus. Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->