http://ayeleymakali.blogspot.co.id/2017/06/program-masa-orientasi-peserta-didik.html
Info Pendidikan Indonesia -----, Pendidikan adalah suatu proses yang berlangsung seumur hidup.  Dilingkungan pendidikan formal (sekolah), dikenal adanya jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan dan Pendidikan Tinggi. Tiap-tiap jenjang pendidikan memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenjang pendidikan lainnya.  Kekhususan tersebut dibutuhkan karena cara penyampaian materi pendidikan perlu disesuaikan dengan tingkat perkembangan kemampuan mental psikologis peserta didik.

Dalam rangka membantu peserta didik baru agar dapat mengenal, beradaptasi dan menyatu dengan warga sekolah serta lingkungan sekolah, mengetahui dan memahami tata tertib sekolah, mengetahui hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai bagian dari warga belajar sekolah, perlu adanya suatu orientasi untuk peserta didik. Untuk mengantar seorang anak memasuki jenjang pendidikan yang baru, misalnya Sekolah Menengah Pertama (SMP), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah menetapkan suatu masa orientasi untuk peserta didik baru yang disebut Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD).

Masa Orientasi Peserta Didik ( MOPD) ini diadakan sebagai upaya untuk menjembatani peserta didik yang baru untuk mengenali berbagai kekhususan dari jenjang pendidikan barunya, baik berupa lingkungan fisik, lingkungan sosial, maupun isi dan cara-cara belajar yang berbeda dengan lingkungan pada jenjang pendidikan sebelumnya (Sekolah Dasar(SD)/MI). 

Disamping memperkenalkan lingkungan fisik, lingkungan sosial (para Guru dan kakak kelas), lingkungan masyarakat, MOPD juga ditujukan untuk memperkenalkan pembelajaran yang baru. 

0 komentar