Download Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Dasar SD

https://www.gurusmp.co.id/2018/04/download-panduan-operasional.html
DownloadPanduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Dasar SD
Pendidikan pada Sekolah Dasar merupakan landasan penting dalam mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan dasar yang diperlukan oleh setiap peserta didik untukmenjadi  pembelajar  yang  sehat,  cakap, dan  percaya  diri,  serta  siap melanjutkan  studi. Dalampenyelenggaraan program bimbingan dan konseling di sekolah dasar, guru bimbingan dan konseling atau konselor bekerja dalam tim bersama guru kelas, kepala sekolah, orangtua, dan masyarakat untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang kondusif dan berhasil

Peserta  didik  sekolah  dasar  berada pada  usia  emas  perkembangan  dan  merupakan masa  membangun  pengalaman  belajar  awal  yang  bermakna.  Pada  usia  ini  peserta  didik berada  pada  masa  peka  dalam  mengembangkan  seluruh  potensi  dan  kecerdasan  otak mencapai 80%. Guru bimbingan dan konseling atau konselor dan guru kelas/mata pelajaran memiliki  peran  penting  untuk  memberikan  ransangan  yang  tepat  sehingga  sel-sel  otak berkembang  dan  berfungsi  secara  optimal  untuk  mendukung  kematangan  semua  aspek perkembangan. Perkembangan  yang  optimal  pada  usia  di  Sekolah  Dasar  menjadi  fondasi yang  kuat bagi perkembangan pada tahap-tahap  berikutnya. Pengalaman  belajar  awal  yang menyenangkan  dan  bermakna  bagi  anak  mendorong  anak  untuk  memahami  fungsi  belajar bagi dirinya dan memotivasi untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Pelayanan  bimbingan  dan  konseling  merupakan  bagian  integral  dari  program

pendidikan di sekolah  yang seyogianya dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling atau konselor yang memiliki kompetensi yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor  27  Tahun  2008  tentang  Standar  Kualifikasi  Akademik  dan  Kompetensi Konselor.  Kompetensi  tersebut  meliputi  kompetensi  pedagogik, kompetensi  kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Idealnya setiap sekolah dasar memiliki guru bimbingan dan konseling atau konselor. Guru bimbingan dan konseling atau konselor saling bahu-membahu dengan  guru kelas dan  guru mata pelajaran dalam membantu peserta didik mencapai  perkembangan  optimal. Pada  kondisi belum  ada  guru  bimbingan  dan  konseling atau  konselor  dapat  ditugaskan  guru  kelas  terlatih  untuk  menyelenggarakan  layanan bimbingan dan konseling.

Download Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Dasar SD disni

0 komentar