Instrumen Akreditasi Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Edisi Revisi

https://www.gurusmp.co.id/2018/04/instrumen-akreditasi-sekolah.html
Instrumen Akreditasi Sekolah Dasar/MadrasahIbtidaiyah (SD/MI) Edisi Revisi
Sesuai  dengan  moto  profesional,  tepercaya,  dan  terbuka  serta  tagline “akreditasi  bermutu  untuk  pendidikan  bermutu”,  Badan  Akreditasi  Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) senantiasa berusaha meningkatkan mutu pelayanan, sistem,  dan  akreditasi  sebagai  lembaga  penjaminan  mutu  pendidikan.  BAN-S/M senantiasa  melakukan  evaluasi  dan  inovasi  untuk  memenuhi  empat  gatra akreditasi yang bermutu yaitu perangkat, asesor, manajemen, dan hasil-hasil yang bermutu.  Sebagai  lembaga  penjaminan  mutu  pendidikan,  BAN-S/M  berusaha menjadikan dirinya sebagai lembaga pelayanan publik yang menyediakan informasi dan  data  akreditasi  yang  tersedia  lengkap  (available),  mudah  diperoleh (accessible), dan bermanfaat (beneficial).

Berdasarkan  Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Nomor 002/H/AK/2017  tentang  Kriteria  dan  Perangkat  Akreditasi  SD/MI,  Nomor 003/H/AK/2017  tentang  Kriteria  dan  Perangkat  Akreditasi  SMP/MTs,  Nomor 004/H/AK/2017  tentang  Kriteria  dan  Perangkat  Akreditasi  SMA/MA  dan  Nomor 005/H/AK/2017  tentang  Kriteria  dan  Perangkat  Akreditasi  SMK  mulai  tahun  2017 BAN-S/M  akan  memberlakukan  Perangkat  Akreditasi  2017  untuk  jenjang  SD/MI, SMP/MTs,  SMA/MA,  dan  SMK.  Perangkat  Akreditasi  2017  merupakan  perubahan atas  Perangkat  Akreditasi  SD/MI  (Permendiknas  nomor  11/2009),  SMP/MTs (Permendiknas  Nomor  12/2009),  SMA/MA  (Permendiknas  Nomor  52/2008),  dan SMK  (Permendiknas  Nomor  13/2009).  Perubahan  tersebut  diberlakukan  dengan beberapa pertimbangan.  Pertama,  adanya Standar Nasional Pendidikan yang baru, terutama terkait dengan pemberlakuan Kurikulum 2013 dan penguatan pendidikan karakter.  Kedua,  kesalahan  dan  ketidaksesuaian  Perangkat  dengan  keadaan  dan praktik  penyelenggaraan  pendidikan.  Ketiga,  memperkuat    Perangkat  dan  SistemAkreditasi  sebagai  alat  utama  untuk  penilaian  mutu,  pemetaan,  dan  penyusunan kebijakan pendidikan oleh masyarakat, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Pusat.

Perangkat  Akreditasi  2017  merupakan  satu  kesatuan  yang  terdiri  atas instrumen,  petunjuk  teknis,  data  pendukung,  dan  sistem  penskoran.  Proses penyusunan  dan  pengembangan  Perangkat  Akreditasi  2017  membutuhkan  waktu lebih dari tiga tahun melalui tahapan kajian/penyusunan naskah akademik, uji coba di  provinsi,  expert  judgement,  validasi  oleh  Badan  Standar  Nasional  Pendidikan (BSNP), penyelerasan dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, dan  diskusi  dengan  Balitbang  Kemendikbud  serta  pihak-pihak  terkait  lainnya. Perangkat  Akreditasi  2017  berbeda  dengan  Perangkat  Akreditasi  sebelumnya. Pertama,  dari  sisi  rujukan.  Perangkat  Akreditasi  2017  mengacu  kepada  Undangundang  Sistem  Pendidikan  Nasional  20/2003,  Peraturan  Pemerintah  yang terkait dengan  pendidikan,  Standar  Nasional  Pendidikan  (SNP),  Peraturan  dan  Keputusan Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  serta  peraturan  kependidikan  lain  yang terkait.  Kedua,  dari  sisi jumlah  butir  dan  metode  penyajian.  Perangkat  Akreditas 2017  memiliki  jumlah  butir  pernyataan  yang  lebih  relevan  dan  koheren.  Masing-masing  pernyataan  disertai  dengan  petunjuk  teknis,  data  pendukung  dan  bobot butir  yang  jelas  sehingga  memudahkan  sekolah/madrasah,  asesor  dan  pengguna. Selain  itu  dapat  dikurangi  semaksimal  mungkin  perbedaan  pemahaman  dan penilaian  antara  sekolah/madrasah  dengan  asesor  untuk  menjamin  objektivitas hasil  penilaian.  Ketiga, pemeringkatan  dan  hasil  akreditasi.  Perangkat  Akreditasi  2017 memiliki  skor  pemeringkatan  yang  lebih  tinggi,  dan  hasil  Akreditasi  yang meliputi nilai, peringkat, dan predikat. Pada Perangkat Akreditasi sebelumnya hasil akreditasi  hanya  menyebutkan  nilai  dan  peringkat.  Keempat,   teknik  pengolahan data  dengan  Sistem  Penilaian  Akreditasi  Sekolah/Madrasah  (SisPenA  SM)  berbasis web  responsive  yang  dapat  juga  diakses  dari  berbagai  perangkat  mobile (smartphone,  tab,  dll.)  untuk  mempercepat  dan  mempermudah  penyajian  hasil Akreditasi.

0 komentar