Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI)


https://www.gurusmp.co.id/2018/04/kompetensi-inti-ki-dan-kompetensi-dasar.html
KompetensiInti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah  (SD/MI)
Kompetensi  Inti  Sekolah  Dasar/Madrasah  Ibtidaiyah  (SD/MI)  merupakan  tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang  harus  dimiliki  seorang  peserta  didik  SD/MI  pada  setiap  tingkat  kelas. Kompetensi  Inti  dirancang  untuk  setiap  kelas/usia  tertentu.  Melal Kompetensi  Inti,  sinkronisasi  horisontal  berbagai  Kompetensi  Dasar  antar mata  pelajaran  pada  kelas  yang  sama  dapat  dijaga.  Selain  itu  sinkronisasi vertikal  berbagai  Kompetensi  Dasar  pada  mata  pelajaran  yang  sama  pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula.

Rumusan Kompetensi Inti menggunakan notasi sebagai berikut.
1.  Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk Kompetensi Inti sikap spiritual.
2.  Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk Kompetensi Inti sikap sosial.
3.  Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk Kompetensi Inti pengetahuan dan,
4.  Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk Kompetensi Inti keterampilan.

Kompetensi dasar merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang  harus  dicapai  peserta  didik  untuk  suatu  mata  pelajaran  pada  masingmasing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti.

Tujuan  kurikulum  mencakup  empat  kompetensi,  yaitu  (1)  kompetensi  sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut  dicapai  melalui  proses  pembelajaran  intrakurikuler,  kokurikuler, dan/atau  ekstrakurikuler.  Di  dalam  kompetensi  sikap  spiritual  dan kompetensi  sikap  sosial  terkandung  lima  nilai  utama  karakter  yaitu religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas.

Rumusan  Kompetensi  Sikap  Spiritual,  yaitu  “Menerima  dan  menjalankan ajaran  agama  yang  dianutnya”.  Adapun  rumusan  Kompetensi  Sikap  Sosial, yaitu  “Menunjukkan  perilaku  jujur,  disiplin,  tanggung  jawab,  santun,  peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi  tersebut  dicapai  melalui  pembelajaran  tidak  langsung  (indirect teaching),  yaitu  keteladanan,  pembiasaan,  dan  budaya  sekolah  dengan memperhatikan  karakteristik  mata  pelajaran  serta  kebutuhan  dan  kondisi peserta didik.

Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan  sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru  dalam  mengembangkan  karakter  peserta  didik  lebih  lanjut.  Proses pembelajaran dengan menumbuhkan dan mengembangkan kompetensi sikap dapat diintegrasikan dengan  lima nilai utama  penguatan  pendidikan karakter yaitu  nilai  Religiusitas,  Nasionalisme,  Kemandirian,  Gotong  Royong  Dan Integritas.

Itulah penjelasan terkait kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) sekolah  dasar/madrasah  ibtidaiyah  (SD/MI). kiranya dapat bermanfaat bagi sahabat guru yang membutuhnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI)"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus. Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->