Manfaat Aplikasi Geofencing, Siswa SMP BSS Lebih Bijak Pakai Gadget

Brawijaya Smart School (BSS) lembaga pendidikan yang dikelola Unit Pelaksana Teknis (UPT) Universitas Brawijaya (UB), mendapatkan kepercayaan dari Samsung lewat program corporate social responsibility (CSR)-nya. BSS mendapatkan support untuk melengkapi fasilitas kelas digital dari perusahaan ternama asal Korea Selatan itu.

https://www.gurusmp.co.id/2018/04/manfaat-pakai-aplikasi-geofencing-siswa.html
ManfaatPakaiAplikasi Geofencing, Siswa SMP BSS Lebih Bijak Pakai Gadget
Di antaranya, BSS menerima bantuan 30 tablet untuk siswa, serta dua tablet untuk guru. Selain itu, kedua belah pihak juga berkolaborasi untuk membuat aplikasi Geofencing yang memanfattkan fitur global positioning system (GPS). Dengan Geofencing itu siswa tidak bisa sembarangan mengakses situs. Terutama situs-situs yang tidak sesuai dengan siswa.

Tak hanya itu, Geofencing juga bisa mengatur waktu pemakaian gadget siswa. Jadi siswa tidak bisa berjam-jam terpaku dengan gadgetnya. ada kalanya gadget harus mati, menyesuaikan dengan jam istirahat. “Bila aplikasi ini sampai di-uninstall, maka siswa harus meng-install ulang lagi di swkolah. Bila ada kesengajaan, itu akan dicatat dalam buku pelanggaran,” kata Direktur BSS Dr. Drs. Sugeng Rianto.

Dengan begitu, siswa bisa lebih bijaksana ketika menggunakan gadgetnya. Disamping pengawasan juga terus dilakukan oleh guru. Juga pengaturan pemakaiannya diatur oleh masing-masing guru mata pelajaran.

“Jangan sampai siswa aktif di media sosial (medsos) untuk hal-hal yang tidak baik. Itu sudah melenceng dari tujuan pendidikan,” tegas dia.

Sementara itu, Kepala SMP BSS Muchammad Arif, S.Si, M.Pd mengatakan, kerjasama dan berbagai kebijakan itu dilakukan untuk mendukung usaha sekolah menjadi lembaga pendidikan berskala internasional. Apalagi, selama ini SMP BSS juga beberapa kali menjalin kerja sama dengan lembaga dari luar negeri. Diantaranya, Seameo Regional Centre for Education in Science and Mathemathics (RESCAM) Malaysia.

Kemudian, Sugeng juga membuka pintu bagi siswa dari negara lain untuk bersekolah di SMP BSS. ke depan, akan ada beberapa siswa dari Myanmar, Australia, Malaysia, dan Thailand yang menyusul,” jelas pria yang juga dosen Jurusan Fisika UB ini.

Tak melulu soal akademis, SMP BSS juga punya perhatian besar pada pembentukan karakter siswa. SMP BSS memadukan model pembelajaran abad ke-21 dengan kurikulum 2013 yang fokus pada penguat karakter.” Setiap siswa akan mendapatkan sertifikat pendamping ijazah sebagai penilaian dari pendidikan karakternya. Misalnya Islam, di SD minimal harus menghafal juz 30,” pungkasnya.

Lalu untuk menunjang sistem pendidikan, SMP BSS memanfaatkan aplikasi Kimedaka. Lewat aplikasi ini, guru bisa memberikan tugas kepada siswanya. Pun demikian evaluasi hasil belajar siswa juga bisa dilakukan lewat aplikasi itu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Aplikasi Geofencing, Siswa SMP BSS Lebih Bijak Pakai Gadget"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus. Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->