MODUL PELATIHAN KURIKULUM 2013 BAGI KEPALA SEKOLAH TAHUN 2018

https://www.gurusmp.co.id/2018/04/modul-pelatihan-kurikulum-2013-bagi.html
MODUL PELATIHAN KURIKULUM 2013 BAGI KEPALA SEKOLAH TAHUN 2018 
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 menyatakan bahwa satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dapat melaksanakan Kurikulum Tahun 2006 paling lama sampai dengan tahun pelajaran 2019/2020. Ketentuan ini memberi kesempatan kepada sekolah untuk melakukan persiapan implementasi Kurikulum 2013. Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 dikembangkan untuk memfasilitasi persiapan implementasi Kurikulum 2013 dari segi manajerial dan supervisi. Modul ini disusun dengan mengembangkan kecakapan abad 21 dengan mengintegrasikan nilainilai karakter, 4C, dan literasi.

Literasi menjadi sarana siswa dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang
didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan siswa, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal. Pencapaian kompetensi peserta didik diukur melalui penilaian hasil belajar. Penilaian hasil  belajar merupakan proses pengumpulan informasi/data tentang capaian belajar peserta didik. Penilaian tersebut dapat dilakukan oleh Pendidik, Satuan Pendidikan, dan Pemerintah. Kepala sekolah mengelola pendidik (guru) melakukan pemantauan proses, kemajuan  belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan pengukuran pencapaian satu  atau lebih Kompetensi Dasar. Dalam lingkup karakter, penguatan pendidikan karakter (PPK) di Indonesia mengacu pada lima nilai utama, yakni (1) religius (2) nasionalisme, (3) 
kemandirian, (4) gotong royong, (5) integritas (Kemdikbud, 2016).

Implementasi PPK dapat dilakukan dengan tiga pendekatan utama, yaitu berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat. Ketiga pendekatan ini saling terkait dan  merupakan satu kesatuan yan utuh. Pendekatan ini dapat membantu satuan pendidikan dalam merancang dan mengimplementasikan program dan kegiatan PPK.

Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 memfasilitasi Saudara  untuk  mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum secara efektif, sehingga dapat  dijadikan panduan bagi guru dalam menerapkan kurikulum untuk menciptakan proses  pembelajaran yang mendidik, beragam, menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan prestasi peserta didik. Dengan demikian, visi dan misi sekolah dapat dipahami serta dapat diwujudkan dalam sikap, prilaku, kebiasaan, kinerja, dan profil sekolah  yang mengacu pada tuntutan masyarakat; “Indonesia Baru: Cerdas dan Kompetitif”.

Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013  terdiri atas tiga bagian. Bagian pertama berisi  tentang  penjelasan  umum.  Bagian  kedua  tentang  Prinsip  Penyusunan  Kurikulum 2103 yang meliputi li atpik, yaitu (1) Analisis Dokumen SKL,KI, KD, IPK, dan Silabus, (2) Pembelajaran  Tematik  ter  padu  dan  Analisis  Materi  dalam  Buku,  (3)  Perencanaan, Pelaksanaan, Pengolahan, dan Pelaporan Hasil Belajar, (4) Model-Model Pembelajaran dan  Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran,  dan  (5)  Bimbingan  Psiko-Edukatif.  Bagian ketiga tentang Pengembangan Strategi Penyusunan Kurikulum 2013 yang meliputi dua topik,  yaitu  (1)  Strategi  Pengelolaan  Implementasi  Kurikulum  2013  dan  (2)  Strategi Penyempurnaan Buku KTSP.

UNDUH  MODUL PELATIHAN KURIKULUM 2013 BAGI KEPALA SEKOLAH TAHUN 2018 [DISINI]

0 komentar