Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Kegiatan Pendahuluan, Intan, Dan Penutup

https://www.gurusmp.co.id/2018/04/pelaksanaan-pembelajaran-kegiatan.html
Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP, meliputi
kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.
a.   Kegiatan Pendahuluan
Dalam kegiatan pendahuluan, aktivitas yang dapat dilakukan,antara lain:
·         menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
·         mengajak peserta didik melakukan kegiatan brainstorming bisa dalam bentuk games, menyanyikan lagu, kuis, salam/tepuk PPK, dan lain-lain;
·         memberi motivasi belajar peserta didik dengan menjelaskan manfaat dan aplikasi materi ajar (kontekstual) dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional,  serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
·         mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·         menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·         menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai  RPP. 

Pada kegiatan pendahuluan, guru dapat pula memfasilitasi kegiatan yang  menguatkan  karakter  peserta  didik  diantaranya  melalui kegiatan  literasi,  pengembangan  kompetensi  abad  21  (khususnya  4 C), dan HOTS.

b.   Kegiatan Inti
Kegiatan  inti  menggunakan  model  pembelajaran,  metode pembelajaran,  media  pembelajaran,  dan  sumber  belajar  yang disesuaikan  dengan  karakteristik  peserta  didik  dan  mata  pelajaran. Pemilihan pendekatan tematik dan /atau tematik terpadu dan/atau saintifik  dan/atau  inkuiri  dan  penyingkapan  (discovery)  dan/atau pembelajaran  yang  menghasilkan  karya  berbasis  pemecahan masalah  (project  based  learning)  disesuaikan  dengan  karakteristik kompetensi  dan  jenjang  pendidikan.  Catatan:  project  based  learning adalah salah satu model pembelajaran dengan pendekatan  scientific approach.  Pada  saat  bicara  pendekatan,  bisa  ditambahkan  dengan model  dan  metode.  Cooperatif  Learning  misalnya  adalah  sebuah model.
1.    Sikap
Sesuai dengan karakteristik sikap, maka salah satu alternatif yang dipilih  adalah  proses  afeksi  mulai  dari  menerima,  menjalankan, menghargai, menghayati, hingga mengamalkan. Seluruh aktivitas pembelajaran  berorientasi  pada  tahapan  kompetensi  yang mendorong peserta didik untuk melakuan aktivitas tersebut.
2.    Pengetahuan
Pengetahuan  dimiliki  melalui  aktivitas  mengetahui,  memahami, menerapkan,  menganalisis,  mengevaluasi,  hingga  mencipta. Karakteritik  aktivititas  belajar  dalam  domain  pengetahuan  ini memiliki  perbedaan  dan  kesamaan  dengan  aktivitas  belajar dalam  domain  keterampilan.  Untuk  memperkuat  pendekatan saintifik,  tematik  terpadu,  dan  tematik  sangat  disarankan  untuk menerapkan  belajar  berbasis  penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry  learning).  Untuk  mendorong  peserta  didik menghasilkan  karya  kreatif  dan  kontekstual,  baik  individual maupun  kelompok,  disarankan  yang  menghasilkan  karya berbasis  pemecahan  masalah  (problem  based  learning  danproject based learning).
3.    Keterampilan
Keterampilan  diperoleh  melalui  kegiatan  mengamati,  menanya, mencoba,  menalar,  menyaji,  dan  mencipta.  Seluruh  isi  materi (topik  dan  sub  topik)  mata  pelajaran  yang  diturunkan  dari keterampilan  harus  mendorong  peserta  didik  untuk  melakukan proses  pengamatan  hingga  penciptaan.  Untuk  mewujudkan keterampilan  tersebut  perlu  melakukan  pembelajaran  yang menerapkan  modus  belajar  berbasis  penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry  learning)  dan  pembelajaran  yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (problem based learning dan project based learning).

Pada  kegiatan  inti,  guru  diharapkan  mampu  memfasilitasi kegiatan  yang menguatkan  karakter  peserta  didik  melalui kegiatan literasi, pengembangan kompetensi abad 21 (khususnya 4 C), dan HOTS.

c.   Kegiatan Penutup
Dalam  kegiatan  penutup,  guru  bersama  peserta  didik  baik  secara individual  maupun  kelompok  melakukan  refleksi  untuk mengevaluasi:
·         seluruh  rangkaian  aktivitas  pembelajaran  dan  hasil-hasil  yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung  maupun  tidak  langsung  dari  hasil  pembelajaran  yang telah berlangsung; 
·        memberikan  umpan  balik  terhadap  proses  dan  hasil pembelajaran;
·         melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
·        menginformasikan  rencana  kegiatan  pembelajaran  untuk pertemuan berikutnya.

Pada  kegiatan  penutup,  guru  dapat  pula  memfasilitasi  kegiatan  yang menguatkan  karakter  peserta  didik  melalui  kegiatan  literasi, pengembangan kompetensi abad 21 (khususnya 4 C 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Kegiatan Pendahuluan, Intan, Dan Penutup"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus. Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->