Materi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013 SMP Mata Pelajaran Matematika Tahun 2018

https://www.gurusmp.co.id/2018/05/materi-penyegaran-instruktur-kurikulum_89.html
Materi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013 SMP Mata Pelajaran Matematika Tahun 2018  

GURUSMP.co.id--- Selamat  bertemu  pada  Materi  Bimbingan  teknis  Guru  Matematika Kurikulum  2013.  Materi  ini  terdiri  atas  4  (empat)  bagian  yang  disusun  sesuai  dengan  apa  yang diperlukan  guru  dalam  melaksanakan  Kurikulum  2013  berdasarkan  konsep  dan pelaksanaannya.  Masing-masing  materi  terdiri  atas  tujuan,  uraian  singkat  materi,  lembar  kerja bimbingan teknis, dan penilaian.

Materi tersebut adalah sebagai berikut.
1.  Materi 1: Analisis Kompetensi, Materi, Pembelajaran, dan Penilaian.
2.  Materi 2: Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
3.  Materi 3: Praktik Pembelajaran dan Penilaian.
4.  Materi 4: Praktik Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar.

Kurikulum  2013  mengalami  beberapa  perkembangan  dan  perbaikan  sejak digulirkannya  pada tahun  2013.  Perbaikan  kurikulum  tersebut  berlandaskan  pada  kebijakan  Menteri  Pendidikan dan  Kebudayaan  yang  tertuang  dalam  Permendikbud  Nomor  160  tahun  2014  tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.

Secara  umum,  perbaikan  Kurikulum  2013  bertujuan  agar  selaras  antara  ide,  desain,  dokumen, dan  pelaksanaannya.  Secara  khusus,  perbaikan  Kurikulum  2013  bertujuan  menyelaraskan  KIKD,  silabus,  pedoman  mata  pelajaran,  pembelajaran,  penilaian,  dan  buku teks.

Perbaikan  tersebut  dilaksanakan  berdasarkan  prinsip  perbaikan  kurikulum  sebagai  berikut.
1.    Keselarasan
Dokumen  KI-KD,  Silabus,  Pedoman  Mata  Pelajaran,  Buku  Teks  Pelajaran,  Pembelajaran, dan  Penilaian  Hasil  Belajar  oleh  Pendidik  harus  selaras  dari  aspek  kompetensi  dan lingkup materi.
2.    Mudah Dipelajari
Lingkup  kompetensi  dan  materi  yang  dirumuskan  dalam  KD  mudah  dipelajari  oleh peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangan psikologis dan aspek pedagogis.
3.    Mudah Diajarkan
Lingkup  kompetensi  dan  materi  yang  dirumuskan  pada  KD  mudah  diajarkan  oleh  guru sesuai  dengan  gaya  belajar  peserta  didik,  karakteristik  mata  pelajaran,  karakteristik kompetensi, dan sumber belajar yang ada di lingkungan.
4.    Terukur
Kompetensi  dan  materi  yang  diajarkan  terukur  melalui  indikator  yang  mudah  dirumuskan dan layak dilaksanakan.
5.    Bermakna untuk Dipelajari
Kompetensi  dan  materi  yang  diajarkan  mempunyai  kebermaknaan  bagi  peserta  didik sebagai bekal kehidupan.

Memperhatikan  perkembangan  perbaikan  Kurikulum  2013  di  atas,  maka diperlukan  beberapa contoh  praktis  yang  diperlukan  guru  untuk  dapat  mengimplementasikan Kurikulum  2013 dengan  tepat  yang  berkaitan  dengan  pembelajaran  dan  penilaian,  serta  unsur  penunjang lainnya.

Untuk  membantu  guru  dalam  mengimplementasikan  Kurikulum  2013,  Direktorat  PSMP menyusun  Materi  Bimbingan  teknis  Guru  yang  berisi  petunjuk  atau  contoh  praktis  untuk setiap  mata  pelajaran  matematika  serta  uraian  tugas  yang  harus  dikerjakan  oleh  peserta bimbingan  teknis.  


Materi  tersebut  disusun  dalam  4 (empat)  bagian  yang  saling  terkait dengan  harapan  dapat  membantu  guru  dalam mengembangkan  rencana  pelaksanaan pembelajaran  dan  penilaian  sesuai  dengan  tuntutan  Kurikulum  2013  dan  melaksanakannya dengan integrasi penguatan pendidikan karakter (PPK). DISINI

0 komentar