Panduan Penyusunan RPP Kurikulum 2013 SMP

Tahapan  terpenting  implementasi  kurikulum  adalah  pelaksanaan  proses pembelajaran yang diselenggarakan di dalam dan/atau di luar kelas untuk membantu peserta  didik  mencapai  kompetensi  sikap,  pengetahuan  dan  keterampilan.  Dalam Permendikbud  No.  22  tahun  2016  tentang  Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengahdisebutkan  bahwa  salah  satu  prinsip  pembelajaran  yang  penting  dalam Kurikulum  2013  adalah  peserta  didik  mencari  tahu  bukan  diberi  tahu.  Prinsip  ini merujuk pada konsep pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student active learning).  
Panduan Penyusunan RPP SMP Kurikulum 2013 

Peserta didik adalah subjek yang memiliki kemampuan untuk secara aktif mencari,  mengolah,  mengonstruksi,  dan  menggunakan  pengetahuan.  Agar  benarbenar memahami dan dapat menerapkan pengetahuan, peserta didik perlu didorong untuk bekerja memecahkan  masalah, menemukan segala sesuatu untuk dirinya, dan berupaya keras mewujudkanide-idenya.

Untuk  menjamin  terlaksananya  prinsip  di  atas,  guru  perlu  mempersiapkan proses pembelajaran  dengan  sebaik-baiknya.Dalam  hal  ini,  guru  harus  merencanakan pengalaman  belajar  yang  beragam.  Pembelajaran  pada  Kurikulum  2013 menggunakan  pendekatan  saintifik  atau  pendekatan  berbasis  proses keilmuan. Pendekatan saintifik dapat menggunakan beberapa strategi  pembelajarandan modelmodel  pembelajaran  yang  mengembangkan  pembelajaran  siswa  aktif.  Model pembelajaran  merupakan  suatu  bentuk  pembelajaran  yang  memiliki  nama,  ciri, sintak,  pengaturan,  dan  budaya  misalnyacproject-based  learning,  problem-based learning,dancinquiry/discovery  learning. Dengan model-model ini   gurucdiharapkan dapat  mengarahkan  peserta  didik  untuk  aktif  mencari  tahu  dan  membangun pengetahuan baru yang dipelajari.

Ada  berbagai  kegiatan  persiapan  yang  wajib  dilakukan  guru  sebelum  memulai proses  pembelajaran,  mulai  dari  membaca  buku-buku  referensi  untuk  memperluas wawasan,  mengidentifikasi  sumber-sumber  belajar  yang  relevan,  dan  menentukan langkah-langkah  pembelajaran,  sampai  dengan  menyusun  rencana  pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Penyusunan  RPP  bukan  hanya  sekedar  urusan  persiapan  administratif  seperti  yang diyakini sebagian guru, melainkan kegiatan yang melekat pada pembelajaran sebagai sebuah  proses.Dalam  perspektif  manajemen,  kegiatan  perencanaan  selalu mendahului kegiatan pencapaian tujuan.Penyusunan dan pengembangan RPP  dapat dilakukan oleh guru secara mandiri maupun secara berkelompok.Acuan pertama dari penyusunan RPP adalah silabus dan standar isi.

RPP  dikembangkan  pada  setiap  awal  semester  atau  awal  tahun pelajaran.Ini dimaksudkan agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran.Sehubungan dengan hal tersebut, dipandang perlu untuk menerbitkan panduan  penyusunan  RPP  yang  secara  rinci  dapat  menjadi  petunjuk  operasional bagaimana komponen-komponen RPP disusun dalam format yang tertatalengkap.

Panduan  Penyusunan  Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran  Sekolah  Menengah Pertama dimaksudkan  untuk  mendukung  pemberlakuan  Kurikulum  2013  di  semua  SMP di  Seluruh wilayah Indonesia.

Panduan ini terdiri atas tiga bab. Bab I Pendahuluan, Bab II  Penyusunan RPP di SMP untuk pelaksanaan Kurikulum 2013, dan Bab III Penutup.

Download Panduan Penyusunan RPP SMP Kurikulum 2013 [DISINI]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Penyusunan RPP Kurikulum 2013 SMP "

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus. Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->