Kurikulum 2013, Silabus SMP Kelas 7, 8, dan 9 Mapel Bahasa Indonesia

Kurikulum  2013  Mata  Pelajaran  Bahasa  Indonesia  secara  umum bertujuan  agar  peserta  didik  mampu  menyimak,  mewicara,  membaca, dan  menulis.  Kompetensi  dasar  yang  dikembangkan  berdasarkan keempat  keterampilan  tersebut   saling  berhubungan  dan  saling mendukung  dalam  pengembangan  tiga  ranah  utamanya,  yakni pembelajaran   berbahasa,  bersastra,  dan  pengembangan  literasi.
https://www.gurusmp.co.id/2018/08/kurikulum-2013-silabus-smp-kelas-7-8.html
Pembelajaran berbahasa Indonesia adalah pembelajaran tentang teoriteori kebahasa indonesiaan dan cara penggunaannya yang efektif. Peserta didik  belajar  tentang  fungsi   bahasa  Indonesia  sebagai  sarana berinteraksi  secara  efektif;  membangun  dan  membina  hubungan; mengungkapkan dan mempertukarkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap  berbahasa. Peserta  didik  mampu  berkomunikasi  secara  efektif, kalimat yang tertata dengan baik; termasuk ejaan dan, tanda bacanya. Pemahaman  tentang  bahasa  sebagai  penghela  pengetahuan  dan komunikasi diharapkan dapat menjadikan peserta didik sebagai penutur bahasa Indonesia yang komunikatif dan produktif.

Silabus mata pelajaran Bahasa Indonesia disusun dengan format dan penyajian/ penulisan  yang  sederhana  sehingga  mudah  dipahami  dan dilaksanakan   oleh    guru.  Penyederhanaan  format  dimaksudkan  agar penyajiannya  lebih  efisien,  namun  lingkup  dan  substansinya  tidak berkurang  serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan  kompetensinya. 

Penyusunan  silabus  ini  dilakukan  dengan  prinsip keselarasan  antara  ide,  desain,  dan  pelaksanaan  kurikulum;  mudah diajarkan  oleh  guru  (teachable);  mudah  dipelajari  oleh  peserta  didik (learnable);  terukur  pencapainnya  (measurable);  dan  bermakna  untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal.  Atas dasar prinsip tersebut,  komponen  silabus  mencakup  kompetensi  dasar,  materi pembelajaran,  dan  kegiatan  pembelajaran.  Uraian  pembelajaran  yang terdapat  dalam  silabus  merupakan  alternatif  kegiatan  yang  dirancang berbasis  aktivitas. 

Pembelajaran  tersebut  merupakan  alternatif  dan inspiratif  sehingga  guru  dapat  mengembangkan  berbagai  model  yang sesuai  dengan  karakteristik  masing-masing  mata  pelajaran.  Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.

Unduh Kurikulum 2013, Silabus SMP Kelas 7, 8, dan 9 Mapel Bahasa Indonesia
Di Sini

Belum ada Komentar untuk "Kurikulum 2013, Silabus SMP Kelas 7, 8, dan 9 Mapel Bahasa Indonesia "

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel