PENGGUNAAN PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) PELAKSANAAN AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH TAHUN 2018

BAN-S/M telah  menetapkan jumlah dan daftar sekolah/madrasah sasaran  yang  akan  diakreditasi  tahun  2018  di  setiap  provinsi berdasarkan basis data BAN-S/M tentang sekolah/madrasah yang belum diakreditasi dan sekolah/madrasah yang harus diakreditasi ulang.
https://www.gurusmp.co.id/2018/10/penggunaan-prosedur-operasional-standar.html
Daftar sekolah/madrasah tersebut diperoleh dari  BAN-S/M Provinsi  setelah melalui proses  verifikasi pada akhir  tahun 2017. Berdasarkan  data  tersebut,  BAN-S/M  telah  menetapkan  kuota jumlah  sekolah/madrasah  per  provinsi  yang  akan  diakreditasi melalui biaya APBN tahun 2018.

2018  melalui  dana  APBN  adalah:  (1)  sekolah/madrasah  yang belum diakreditasi;  (2)  sekolah/madrasah yang telah habis masa akreditasi  2  tahun  atau  lebih;  dan  (3)  sekolah/madrasah  yang sudah habis masa akreditasi 1 tahun.  Selain itu, sekolah/ madrasah yang  berada  di  daerah  Terdepan,  Terluar,  Tertinggal  (3T)  juga menjadi  prioritas  untuk  diakreditasi.  Jumlah  total sekolah/madrasah sasaran akreditasi dari dana APBN tahun 2018 sebanyak 54.000 sekolah/madrasah.

Dalam  rangka  mengumpulkan  informasi  tentang sekolah/madrasah  secara  akurat  dan  terpercaya  untuk  proses akreditasi,  BAN-S/M  telah  mengembangkan  suatu  sistem  secara online,  yang  disebut  dengan  Sistem  Penilaian  Akreditasi Sekolah/Madrasah (Sispena-S/M) yang sudah terintegrasi dengan Data  Pokok  Pendidikan  (Dapodik)  Kemendikbud  dan  Education Management Information System  (EMIS) Kemenag.  Sispena-S/M bukan  saja  alat  bantu,  akan  tetapi  merupakan  salah  satu  alat utama yang digunakan untuk menentukan berjalan atau tidaknya proses  akreditasi.  Bahkan  Sispena-S/M  menjadi  pintu  gerbang pertama  untuk  menentukan  sekolah/madrasah  dapat  mengikuti proses akreditasi atau tidak. Sekolah/madrasah dapat diakreditasi apabila telah mengisi Data Isian Akreditasi (DIA) melalui SispenaS/M.

Konten Terkait

Belum ada Komentar untuk "PENGGUNAAN PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) PELAKSANAAN AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH TAHUN 2018 "

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel