Buku Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi Guru

Buku Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Program  Peningkatan  Kompetensi  Pembelajaran  Berbasis  Zonasi  merupakan  salah  satu upaya  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  melalui  Direktorat  Jenderal  Guru  dan Tenaga  Kependidikan  (Ditjen  GTK)  untuk  meningkatkan  kualitas  pembelajaran  dan meningkatkan  kualitas  lulusan  dalam  hal  ini  peserta  didik. 
Program  ini  dikembangkan mengikuti  arah  kebijakan  Kemendikbud  yang  menekankan  pembelajaran  berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas  utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan,  melatih,  menilai,  dan  mengevaluasi  peserta  didik.  Guru  profesional  memegang  peranan  yang  sangat  penting  dalam  menentukan  prestasi  peserta  didik. Penelitian  menunjukkan  bahwa  30%  prestasi  peserta  didik  ditentukan  oleh  faktor  guru.

Dalam upaya menjaga keprofesionalannya, guru senantiasa harus  meng-update  diri dengan melakukan  berbagai  pengembangan  keprofesian  berkelanjutan. 

Selama  ini  program pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dikembangkan oleh Ditjen GTK didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru,  lebih memfokuskan  pada peningkatan kompetensi guru terutama  dalam  kompetensi  pedagogi  dan  profesional,  adapun  Program  PKP  Berbasis Zonasi  ini  lebih  memfokuskan  pada  upaya  memintarkan  siswa  melalui  pembelajaran berorientasi  keterampilan  berpikir  tingkat  tinggi.   

Terkait  dengan  itulah,  memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi, pedoman ini dikembangkan.

Pedoman ini terdiri dari tujuh bab, yaitu: 

Bab I Pendahuluan, 
Bab II Program  Peningkatan Kompetensi  Pembelajaran  Berbasis  Zonasi  (PKP  Berbasis  Zonasi),  
Bab  III  Pelaksanaan Program  PKP  Berbasis  Zonasi,  
Bab  IV  Penilaian,  Pensertifikatan  dan  Pelaporan,  
Bab  V Standar Penyelenggaraan, 
Bab VI Penjaminan Mutu, dan 
Bab VI Penutup.

Belum ada Komentar untuk "Buku Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi Guru "

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel