Cara Pendaftaran Bidikmisi jalur PMDK-PN, UMPN dan Seleksi Mandiri 2019

Cara Pendaftaran Bidikmisi jalur PMDK-PN, UMPN dan Seleksi Mandiri 2019. Mengawali tahun 2019 ini, kami sampaikan bahwa Pemerintah terus berkomitmen untuk fokus meningkatkan pembangunan Sumberdaya Manusia melalui berbagai upaya cerdas.
Penerima Bidikmisi adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 1 (satu) tahun sebelumnya; memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah dan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi.

Selamat mengikuti proses seleksi masuk perguruan tinggi melalui Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN), Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) dan Seleksi Mandiripada Perguruan Tinggi Negeriserta Swasta.

Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/ wali sebesar Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/ wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Calon penerima bidikmisi wajibterdaftar pada sistem Bidikmisi dengan memasukkan NPSNdan NISN yang valid.




1.    Penggantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftar Bidikmisi yang ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

2.    Pembebasan biaya pendidikan yang dibayarkan ke perguruan tinggi.

3.    Subsidi biaya hidup sekurang-kurangnya sebesar Rp. 700.000,00 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan.


1.    Program Diploma I maksimal 2 (dua) semester
2.    Program Diploma II maksimal 4 (empat) semester
3.    Program Diploma III maksimal 6 (enam) semester
4.    Program Diploma IV / Sarjana maksimal 8 (delapan) semester

Program Profesi:

1.    Dokter maksimal 4 (empat) semester
2.    Dokter Gigi maksimal 4 (empat) semester
3.    Dokter Hewan maksimal 4 (empat) semester
4.    Ners maksimal 2 (dua) semester
5.    Apoteker maksimal 2 (dua) semester


Tata cara pendaftaran Bidikmisi jalur PMDK-PN, UMPNdan Seleksi Mandiridilakukan secara online melalui laman Bidikmisi (https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/)


1.    Bagi siswa:
a.    Penerima KIPdapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri pada laman Bidikmisi sampai mendapatkan KAPdan PIN (langsung ke poin 5).
b.    Bukan penerima KIPmendaftar ke sekolah untuk direkomendasikan.

2.    Bagi sekolah:
a.    Sudah memiliki Kode Akses Sekolahlangsung merekomendasikan masing-masing siswa melalui laman Bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan NISN.
b.    Belum memiliki Kode Akses Sekolahmendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi ke laman Bidikmisi dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran 1 bagian persetujuan dan tanda tangan). Ditjen Belmawa Kemenristekdikti memverifikasi pendaftaran sekolah dan mengeluarkan Kode Akses Sekolah(1 x 24 jam pada hari dan jam kerja).

3.    Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada siswa yang sudah direkomendasikan.

4.    Siswa mendaftar melalui laman Bidikmisi dan menyelesaikan semua tahapan dalam sistem pendaftaran sampai mendapatkan KAPdan PIN.

5.    KAPdan PINyang didapat dari sistem Bidikmisi digunakan dalam pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi.

6.    Bagi calon mahasiswa penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, akan dilakukan verifikasi lebih lanjut dan penetapan kelayakan mahasiswa penerima Bidikmisi oleh perguruan tinggi dengan mempertimbangkan dokumen pendukung.



Laman Bidikmisi: https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
Konten Terkait

Belum ada Komentar untuk "Cara Pendaftaran Bidikmisi jalur PMDK-PN, UMPN dan Seleksi Mandiri 2019"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel