Empat Kesenjangan Menjadi Tantangan Pendidikan dalam Era Revolusi Industri 4.0

Empat Kesenjangan Menjadi Tantangan Pendidikan dalam Era Revolusi Industri 4.0.
Rapat Koordinasi pendidikan tahun 2019 Provinsi Kalimantan Timur yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur bertujuan untuk menciptakan sistem pendidikan, tata kelola dan akuntabilitas yang baik melalui penyamaan peresepsi terhadap ketentuan pungutan dan sumbangan yang berlaku di satuan pendidikan.
Disamping itu rakor juga untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui Aplikasi Belajar, Ujian Nasional termasuk UNBK serta Penerimaan Peserta Didik Baru melalui Online.

Hadir dalam rakor Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gogot Suharwoto, Ph.D.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pembelajaran berbeda antara sekarang dengan dahulu. Generasi sekarang dapat disebut sebagai generasi internet. Di era sekarang kita harus mempunyai inovasi dengan perubahan pendidikan Era Revolusi Industi 4.0, sudah tidak zaman lagi seorang pendidik memakai slide ppt sampai puluhan slide.

Sekarang ini kebutuhan materi dapat di akses dari mana saja. "Empat point utama Gap/Kesenjangan yang menjadi tantangan pendidikan di Revolusi Industri 4.0 yang terdiri dari konten, Kompetensi guru, teknlogi dan jejaring komunitas guru“, penjelasan Kapustekkom Gogot Suharwoto.

Kesenjangan kebutuhan konten pembelajaran di dunia maya dan media bahan ajar guru (Konten gap), Kesenjangan Kompetensi TIK guru baru 40% siap memanfaatkan teknologi (Kompetensi gap). Kesenjangan generasi antara siswa, guru, dan orang tua (Teknologi Gap), dan kesenjangan komunikasi dengan teman sejawat /jaringan yang bisa di akses (Jaringan Gap).

Untuk kesenjangan tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pustekkom sudah menyiapkan konten pembelajaran digital yang berbasis multimedia, audio dan video.

Konten Terkait

Belum ada Komentar untuk "Empat Kesenjangan Menjadi Tantangan Pendidikan dalam Era Revolusi Industri 4.0"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel