Dua Istilah Dalam Perkembangan Peserta Didik Sebagai Individu

Dua  Istilah  Dalam  Perkembangan  Peserta  Didik Sebagai  Individu. Peserta  didik  merupakan  individu  yang  pastinya  mengalami  perkembangan. Perkembangan peserta didik merupakan pola gerakan atau perubahan yang secara dinamis dimulai dari pembuahan atau konsepsi dan terus berlanjut sepanjang siklus kehidupan manusia yang terjadi akibat dari kematangan dan pengalaman (Hurlock, 1991; Rice, 2002).
Menurut Hurlock (1991), dalam perkembangan ada dua proses yang  bertentangan  yang  terjadi  secara  serempak  selama  kehidupan,  yaitu pertumbuhan yang disebut evolusidan kemunduran yang disebut dengan involusi. Pada  awal  kehidupan  manusia  yang  berperan  adalah  evolusi,  dari  bayi tumbuh menjadi kakan-kanak kemudian dewasa.

Sedangkan involusi lebih berperan pada akhir kehidupan, yaitu perubahan-perubahan yang bersifat mundur, ditandai dengan kemunduran fungsi alat-alat tubuh seperti pada system penglihatan, pendengaran dan  system  gerak.

Sikap  terhadap  perubahan-perubahan  perkembangan  ini dipengaruhi  oleh  penampilan  dan  perilaku  individu,  stereotip  budaya,  nilai-nilai budaya, perubahan-perubahan peran dan pengalaman pribadi. 

Salah satu tujuan dari perubahan ini adalah agar individu mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sehingga  baik  secara  fisik  maupun  psikis  sesuai  dengan  harapan-harapan  sosial yang berlaku pada lingkungannya.

Ada  dua  istilah  yang  sering  muncul  dalam  perkembangan  peserta  didik sebagai  individu  ini,  yaitu  istilah  pertumbuhan  (growth)  dan  perkembangan (development).  Istilah  pertumbuhan  menyatakan  perubahan-perubahan  yang bersifat fisik (kuantitatif) seperti berat dan tinggi badan, sedangkan perkembangan dititikberatkan pada aspek-aspek yang bersifat psikis (kualitatif).

Tentu saja kedua aspek fisik  dan psikis ini  saling berkaitan  dalam  kehidupan  manusia, dan  kedua proses ini tidak pernah berhenti sepanjang kehidupan manusia. Pada masa kanakkanak, pertumbuhan fisik menjadi poin utama pertumbuhan dibandingkan dengan bagian  lainnya. 

Tetapi  pada  usia  lanjut  kemunduran  fisik  dan  perubahan  alam pikiran  mengalami  perubahan  yang  lebih  banyak  daripada  yang  lain  (Masganti, 2012  :  2).   Meskipun  saling  berkaitan,  namun  pada  dasarnya  pertumbuhan  dan perkembangan memiliki beberapa aspek perbedaan seperti di terlihat pada tabel 1.1.

Demikian penjelasan terkait dua  istilah  dalam  perkembangan  peserta  didik sebagai  individu, semoga bermanfaat.

0 Response to "Dua Istilah Dalam Perkembangan Peserta Didik Sebagai Individu"

Post a Comment

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel