About us

PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) PELAKSANAAN AKREDITASI SEKOLAH/ MADRASAH TAHUN 2019

PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) PELAKSANAAN AKREDITASISEKOLAH/ MADRASAH TAHUN 2019. POS  ini  digunakan  oleh  BAN-S/M  dan  BAN-S/M  untuk melaksanakan  akreditasi  sekolah/madrasah  dengan  syarat kepengurusan BAN-S/M dan BAN-S/M Provinsi  sesuai dengan Pedoman Akreditasi  Sekolah/Madrasah  dan  peraturan  perundangan  yang berlaku.

Dalam  pelaksanaan  akreditasi diperlukan  panduan dan  prosedur  yang menjamin pelaksanaan  akreditasi  yang terarah,  terbuka,  dan  terukur  untuk menjamin kualitas proses dan hasil-hasil akreditasi. Juga memastikan proses dan  hasil-hasil  akreditasi  yang  bermutu diperlukan  adanya  Prosedur  Operasional Standar  (POS)  sebagai  panduan  bagi pihak-pihak  yang  terkait  dengan pelaksanaan akreditasi.

BAN-S/M telah  menetapkan jumlah dan daftar sekolah/madrasah sasaran  yang  akan  diakreditasi  tahun  2019  di  setiap  provinsi berdasarkan basis data BAN-S/M tentang sekolah/madrasah yang belum diakreditasi dan sekolah/madrasah yang harus diakreditasi ulang.  

Daftar sekolah/madrasah tersebut diperoleh dari  BAN-S/M Provinsi  setelah melalui proses  verifikasi pada akhir  tahun 2018. Berdasarkan  data  tersebut,  BAN-S/M  telah  menetapkan  kuota jumlah  sekolah/madrasah  per  provinsi  yang  akan  diakreditasi melalui biaya APBN tahun 2019.

Sekolah/Madrasah (Sispena-S/M) yang sudah terintegrasi dengan Data  Pokok  Pendidikan  (Dapodik)  Kemendikbud  dan  Education Management Information System  (EMIS) Kemenag.  

Sispena-S/M bukan  saja  alat  bantu,  akan  tetapi  merupakan  salah  satu  alat utama yang digunakan untuk menentukan berjalan atau tidaknya proses  akreditasi.  Bahkan  Sispena-S/M  menjadi  pintu  gerbang pertama  untuk  menentukan  sekolah/ madrasah  dapat  mengikuti proses akreditasi atau tidak. Sekolah/madrasah dapat diakreditasi apabila telah mengisi Data Isian Akreditasi (DIA) melalui SispenaS/M.

Belum ada Komentar untuk "PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) PELAKSANAAN AKREDITASI SEKOLAH/ MADRASAH TAHUN 2019"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel