PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) PELAKSANAAN AKREDITASI SEKOLAH/ MADRASAH TAHUN 2019

PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) PELAKSANAAN AKREDITASISEKOLAH/ MADRASAH TAHUN 2019. POS  ini  digunakan  oleh  BAN-S/M  dan  BAN-S/M  untuk melaksanakan  akreditasi  sekolah/madrasah  dengan  syarat kepengurusan BAN-S/M dan BAN-S/M Provinsi  sesuai dengan Pedoman Akreditasi  Sekolah/Madrasah  dan  peraturan  perundangan  yang berlaku.
Dalam  pelaksanaan  akreditasi diperlukan  panduan dan  prosedur  yang menjamin pelaksanaan  akreditasi  yang terarah,  terbuka,  dan  terukur  untuk menjamin kualitas proses dan hasil-hasil akreditasi. Juga memastikan proses dan  hasil-hasil  akreditasi  yang  bermutu diperlukan  adanya  Prosedur  Operasional Standar  (POS)  sebagai  panduan  bagi pihak-pihak  yang  terkait  dengan pelaksanaan akreditasi.

BAN-S/M telah  menetapkan jumlah dan daftar sekolah/madrasah sasaran  yang  akan  diakreditasi  tahun  2019  di  setiap  provinsi berdasarkan basis data BAN-S/M tentang sekolah/madrasah yang belum diakreditasi dan sekolah/madrasah yang harus diakreditasi ulang.  

Daftar sekolah/madrasah tersebut diperoleh dari  BAN-S/M Provinsi  setelah melalui proses  verifikasi pada akhir  tahun 2018. Berdasarkan  data  tersebut,  BAN-S/M  telah  menetapkan  kuota jumlah  sekolah/madrasah  per  provinsi  yang  akan  diakreditasi melalui biaya APBN tahun 2019.

Sekolah/Madrasah (Sispena-S/M) yang sudah terintegrasi dengan Data  Pokok  Pendidikan  (Dapodik)  Kemendikbud  dan  Education Management Information System  (EMIS) Kemenag.  

Sispena-S/M bukan  saja  alat  bantu,  akan  tetapi  merupakan  salah  satu  alat utama yang digunakan untuk menentukan berjalan atau tidaknya proses  akreditasi.  Bahkan  Sispena-S/M  menjadi  pintu  gerbang pertama  untuk  menentukan  sekolah/ madrasah  dapat  mengikuti proses akreditasi atau tidak. Sekolah/madrasah dapat diakreditasi apabila telah mengisi Data Isian Akreditasi (DIA) melalui SispenaS/M.

0 Response to "PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) PELAKSANAAN AKREDITASI SEKOLAH/ MADRASAH TAHUN 2019"

Post a Comment

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel