Buku Materi Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Guru Informatika Berbasis Zonasi SMP.

Tahun 2006, Jeanette M. Wing, seorang profesor Computer Science di Carnegie Mellon University memperkenalkan istilah Computational Thinking (Berpikir Komputasi) sebagai salah satu keterampilan di abad 21. Tulisannya kemudian dikembangkan  oleh  banyak  pendidik  di  dunia.  Berpikir  Komputasi  adalah kemampuan  seseorang  memecahkan  masalah,  merancang  sistem,  dengan mengambil  konsep  dasar  seorang  ahli  teknologi  informasi  berpikir  dalam memecahkan masalah.

Kemampuan ini meliputi empat hal, yakni:
1. Dekomposisi
2. Pengenalan pola
3. Abstraksi
4. Algoritma
Kemampuan berpikir komputasi bukanlah kemampuan membuat program di komputer,  atau kemampuan  menggunakan  software  di  komputer  walaupun keahlian ini tetap akan memperkaya kemampuan berpikir komputasi.

Keterampilan dalam membuat coding di komputer dapat mengasah keahlian berpikir  komputasi.  Beberapa  pakar  pendidikan  dan  pendiri  Microsoft, Facebook,  serta  pembuat  software  game  Minecraft  bahkan  membuat kurikulum coding dasar bagi anak-anak. Semua yang mereka lakukan, tidak lain  untuk  memperkenalkan  cara  berpikir  komputasi  melalui  modifikasi games  dan  pembuatan  games. 

Namun  berpikir  komputasi  dapat  dilakukan tanpa  akses  pada  komputer.  Kemampuan  memecahkan  masalah  ini  dapat dikembangkan di berbagai bidang, tidak hanya di bidang studi yang berkaitan dengan Teknologi Informasi.

Buku Materi Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Guru Informatika
Berbasis Zonasi SMP

Pada aplikasi di dunia nyata Computational  Thinking  (CT)  adalah  sebuah kemampuan  berpikir  untuk menyelesaikan  suatu  permasalahan  secara  menyeluruh,  logis,  dan  teratur. Berpikir  komputasi  adalah  teknik  pemecahan  masalah  yang  sangat  luas wilayah  penerapannya,  bukan  hanya  untuk  menyelesaikan  masalah  seputar ilmu komputer saja, melainkan juga untuk menyelesaikan berbagai masalah di
dalam kehidupan sehari-hari.

Cara  mengimplementasikan  Computational  Thinking  adalah  dengan memahami  masalah,  mengumpulkan  semua  data,  lalu  mulai  mencari  solusi sesuai  dengan  masalah.  Dalam  Computational  Thinking,  ada  yang  disebut dengan  dekomposisi  yaitu  kita  memecah  suatu  masalah  yang  komplek menjadi  masalah-masalah  yang  kecil  untuk  diselesaikan.  Sebagai  contoh, ketika kita ingin membuat nasi goreng, kita harus memahami cara membuat nasi goreng, lalu kita mengumpulkan bahan-bahannya, kemudian kita mulai membuat  nasi  goreng  sesuai  dengan  langkah-langkahnya.  Dalam  membuat nasi goreng, kita harus menyiapkan kompor, wajan, spatula, minyak  goreng, nasi, telur, bumbu, dan lain-lainnya yang semua itu merupakan sebuah proses bernama dekomposisi.

Selanjutnya dalam Computational Thinking adalah berpikir dengan algoritma dimana  kita  berpikir  dengan  mengurutkan  langkah-langkah  dalam menyelesaikan  masalah  agar  menjadi  logis,  berurutan,  teratur,  dan  mudah dipahami oleh orang lain. Dalam hal membuat nasi goreng, kita juga harus bisa mengurutkan  langkah-langkah  secara  logis,  berurutan,  dan  rinci  mulai  dari proses awal pembuatan sampai dengan proses penyajiannya.

Oleh karena itu, dengan adanya Buku Materi Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Guru Informatika Berbasis Zonasi SMP ini, unit  pembelajaran  yang  sudah  tersusun  diharapkan  dapat  meningkatkan pembelajaran.  Unit  Pembelajaran  yang  dikembangkan  dikhususkan  untuk Pendidikan Dasar yang dalam hal ini akan melibatkan KKG SD dan MGMP SMP.

0 Response to "Buku Materi Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Guru Informatika Berbasis Zonasi SMP. "

Post a Comment

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel