Buku Materi Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi Guru Bahasa Indonesia, Teks Deskripsi, Cerita Imajinasi, dan Prosedur

Program ini dikembangkan mengikuti  arah  kebijakan  Kemendikbud  yang menekankan  pada pembelajaran  berorientasi  pada  keterampilan  berpikir  tingkat  tinggi  atau Higher  Order  Thinking  Skills  (HOTS). 

Keterampilan  berpikir  tingkat  tinggi adalah  proses  berpikir  kompleks  dalam menguraikan  materi,  membuat kesimpulan,  membangun  representasi,  menganalisis  dan  membangun hubungan  dengan  melibatkan  aktivitas  mental  yang  paling  dasar  yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru professional.
Didalam pembelajaran Buku Materi Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi Guru Bahasa Indonesia, Teks  Deskripsi,  Cerita  Imajinasi, dan Prosedur terdapat aktivitas pembelajaran antara lain adalah Indonesia  menjadi  negara  alami  paling  indah  di  dunia.  Beberapa tempat wisata di wilayah Indonesia memiliki keindahan alam yang natural Selain alamnya yang indah juga beberapa jenis hewan dan tumbuhan langka yang  melengkapi  beberapa  tempat  wisata  alami  yang  indah.  Untuk menuangkannya  keindahan  alam  tersebut  ke  dalam  tulisan  maka digunakan  teks  deskripsi.  Apa  itu  teks  deskripsi?  Bagaimana  cara menyusun atau mengembangkannya?


Untuk menjawab pertanyaan di  atas, mari  kita  lakukan aktivitas di bawah ini. Aktivitas tersebut akan dibagi menjadi 4 bagian yang bertujuan untuk pemahaman konsep dan pemahaman Saudara. Setelah melakukan aktivitas  ini  Saudara  diharapkan  mampu  menjawab  pertanyaanpertanyaan tersebut.

Pembelajaran teks deskripsi adalah salah satu teks yang wajib dipelari siswa  pada  kelas  VII.  Oleh  sebab  itu,  pendidik  diharapkan  menguasai konsep dan pembelajarannya. Materi yang akan diberikan kepada peserta didik   adalah  materi  yang  menarik  yaitu  materi  yang  sesuai  dengan karakteristik peserta didik dan kelas yang diampu.

Didalamnya juga,  guru  dituntut  untuk  mampu  menentukan materi  ajar,  pendekatan,  dan  model  pembelajaran  yang   tepat  dan  akan digunakan  sehingga   tuntutan  Kompetensi  Dasar  yang   harus  dikuasai peserta didik tercapai.

Oleh karena itu Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  melalui  Direktorat  Jenderal  Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) meningkatkan kualitas pembelajaran yang  bermuara  pada  peningkatan  kualitas  siswa  melalui  Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran  (PKP)  Berbasis  Zonasi.  Program  ini  dikembangkan  dengan menekankan  pembelajaran  yang  berorientasi  pada  Keterampilan  Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

0 Response to "Buku Materi Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi Guru Bahasa Indonesia, Teks Deskripsi, Cerita Imajinasi, dan Prosedur"

Post a Comment

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel