BUKU PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP) BERBASIS ZONASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) SMP

Program  Pengembangan  Keprofesian  Berkelanjutan  melalui  Peningkatan Kompetensi  Pembelajaran  Berbasis  Zonasi  merupakan  salah  satu  upaya Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  melalui  Direktorat  Jenderal  Guru dan  Tenaga  Kependidikan  (Ditjen  GTK)  untuk  meningkatkan  kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti  arah  kebijakan  Kemendikbud  yang  menekankan  pada pembelajaran  berorientasi  pada  keterampilan  berpikir  tingkat  tinggi  atau Higher  Order  Thinking  Skills  (HOTS).

Didalam buku ini terdapat materi aktivitas  pembelajaran  yang  dilakukan  dalam  kegiatan  ini  adalah  aktivitas kegiatan  layanan  Bimbingan  Kelompok  dengan  menggunakan  teknik  selfInstruction  yang  bertujuan  mereduksi  kecemasan  peserta  didik  dalam menghadapi ujian nasional.
Aktivitas yang dilakukan adalah:
1.    Konselor menentukan topik bahasan dalam layanan Bimbingan Kelompok.
2.    Konselor menyusun instrumen pengukuran awal .
3.    Konselor  memilih  dan  menetapkan  anggota  kelompok  untuk  layanan Bimbingan Kelompok.
4.    Konselor  menyebar  instrumen  pengukuran  awal   kepada  calon  peserta (anggota) Bimbingan Kelompok.
5.    Peserta  didik/anggota  kelompok  mengisi  instrumen  pengukuran  awal sesuai dengan kondisi nyata yang dialami.
6.    Konselor  mengumpulkan  kembali  instrumen  pengukuran  awal  yang sudah diisi oleh peserta didik.
7.    Konselor menganilsis hasil pengukuran awal
8.    Konselor  melaksanaan  layanan  Bimbingan  Kelompok  sesuai  dengan dengan tahapan-tahapan dalam Bimbingan Kelompok.
9.    Konselor  menerapkan  teknik  self-Instruction    dalam  layanan  Bimbingan Kelompok tersebut.
10. Peserta  didik  aktif  melakukan  kegiatan  dalam  layanan  Bimbingan Kelompok tersebut.
11. Konselor  melakukan  pengukuran  akhir    terhadap  peserta  didik  setelah melakukan beberapakali layanan Bimbingan Kelompok
12. Konselor menganalisis hasil pengukuran akhir.
13. Konselor mengevaluasi hasil layanan Bimbingan Kelompok.
14. Konselor  melakukan  tindak  lanjut  hasil  Bimbingan  Kelompok  dengan konseling  individual  menggunakan  teknik  self-Instruction  bagi  yang belum berhasil mereduksi kecemasan.

Bimbingan  Kelompok  dengan  Teknik  Self-Instruction untuk Mereduksikan Kecemasan Peserta Didik menghadapi Ujian Nasional

Menyusun  instrumen  untuk  mengungkap  data  tentang  kecemasan  peserta didik  menghadapi  ujian  nasional  yaitu  dengan  menggunakan kuesioner/angket kecemasan. Berdasarkan metode pengumpulan data, maka instrumen  pengumpulan  data  untuk  mengetahui  keefektivan  layanan Bimbingan  Kelompok  dengan  teknik  Self-instruction  dalam  mereduksikan kecemasan  peserta  didik  menghadapi  ujian  nasional  adalah  menggunakan kuesioner atau angket yang telah di uji validitasnya.

Guru  BK/Konselor  menyusun  instrumen  dengan  kisi-kisi  instrumen  untuk mengungkap gejala kecemasan yang dikembangkan dari definisi operasional kecemasan.

SELENGKANYA UNDUH BUKU PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP) BERBASIS ZONASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) SMP DI SINI.

0 Response to "BUKU PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP) BERBASIS ZONASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) SMP"

Post a Comment

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel